Layanan utama dari CSIRT UKPETRA yang menjadi prioritas yaitu :
1. Pemberian Peringatan Terkait Keamanan Siber
- Layanan ini dilaksanakan oleh CSIRT UKPETRA berupa pemberian peringatan adanya insiden siber pada sistem elektronik dan informasi statistik yang dikelola oleh masing-masing satuan kerja UKPETRA.
2. Penanganan Insiden Siber dan Pemulihan Insiden
- Layanan ini diberikan oleh CSIRT UKPETRA berupa koordinasi, analisis, rekomendasi teknis dan bantuan kunjungan ke lokasi dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden siber. CSIRT UKPETRA memberikan informasi statistik terkait layanan ini.
3. Penanganan Kerawanan
- Layanan ini diberikan oleh CSIRT UKPETRA berupa koordinasi, analisis, dan rekomendasi teknis dalam rangka penguatan keamanan (hardening), CSIRT UKPETRA memberikan informasi statistik terkait layanan ini. Namum, layanan ini hanya berlaku apabila syarat-syarat berikut terpenuhi:
a. Pelapor atas kerawanan adalah pemilik sistem elektronik. Jika pelapor adalah bukan pemilik sistem, maka laporan kerawanannya tidak dapat ditangani;
b. Layanan penanganan kerawanan yang dimaksud dapat juga merupakan tindak lanjut atas kegiatan Vulnerability Assessment.
4. Penanganan Artefak
- Layanan ini diberikan oleh CSIRT UKPETRA berupa penanganan artefak dalam rangka pemulihan sistem elektronik terdempak ataupun dukungan investigasi. CSIRT UKPETRA memberikan informasi statistik terkait layanan ini.